Rabu, 30 Januari 2013

Al Baqarah ayat 1-10


Artikel 3


Sapi betina
Al-baqarah

Pentafsiran surat Al Baqarah ayat 1-10
Sebelumnya saya belum tau apa arti dari surat Al Baqarah, tetapi setelah saya mencari informasi melalui media internet, saya bisa mengetahui pentafsiran surat Al Baqarah dari ayat 1-10 yang di antarannya sebagai berikut :

1.       Alif lam mim
Alif, lam, mim termasuk huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat AlQur’an. Ada dua hal yang perlu dibicarakan tentang huruf-huruf abjad yang disebutkan. Pada permulaanya beberapa dari surat Alquranul karim yaitu apa yang dimaksud dengan huruf ini, dan apa hikmahnya menyebutkan huruf-huruf ini ?
Tentang soal pertama, maka para munafsir berlainan pendapat , yaitu :

1.       Ada yang menyerahkan saja kepada Allah, dengan arti mereka tidak mau menafsirkan huruf-huruf tersebut. Dan mereka berkata “hanya Allah saja yang mengetahui” . mereka menggolongkan huruf-huruf itu kedalam golongan ayat-ayat mutasyabihat.
2.       Ada yang mentafsyirkannya. Mufassirin yang mentafsirkannya dan hal ini berlain pula dengan pendapat mereka, yaitu :
a.       Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah isyarat (keringkasan dari kata-kata), umpamanya Alif Lam Mim. Maka ”Alif” adalah keringkasan dari Allah, “Lam” keringkasan dari jibril, dan “Mim” keringkasan dari muhammad, yang berarti bahwa Al Qur’an itu datangnya dari Allah swt, disampaikan oleh malaikat jibril kepada nabi muhammad saw. Pada Alif Lam Ra, “Alif” keringkasan dari “ana”, “lam” keringkasan dari Allah dan Ra keringkasan dari Ar-Rahman, yang berarti Allah yang maha pemurah.
b.      Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama dari surat yang dimulai dengan huruh-huruf tersebut.
c.       Ada yang perpendapat bahwa yang dimaksud dengan huruf-huruf abjad ini adalah huruf abjad itu sendiri. Maka yang dimaksud dengan “ Alif ” adalah Alif, yang dimaksud dengan “ Lam ” adalah Lam, yang dimaksud dengan “Mim” adalah Mim dan begitu seterusnya.
d.      Huruf-huruf abjad itu umtuk menarik perhatian. Menurut para mufassir, huruf abjad itu disebut Allah pada ermulaan beberapa surat dari Alquranul Karim. Hikamhnya adalah untuk membenarkan, dan di bunyikan seperti berikut : Al Qur’an itu diturunkan dalam bahasa Arab, yaitu bahasa kamu sendiri. Yang tersusun dari huruf-huruf abjad, seperti Alif, Lam, Ra, Ka, Ha, Ya, Ain, Shad, Qaf, Tha, Sin dan lain-lainnya. Maka kalau kamu sekalian tidak percaya bahwa Al Qur’an ini datangnya dari Allah dan kamu mendakwakan datangnya dari muhammad, yakni dibuat oleh muhammad sendiri maka cobalah kamu buat ayat-ayat yang seperti ayat Al Qur’an ini. Kalau nabi muhammad dapat membuatnya tentu kamu juga dapat membuatnya.
Maka ada “penantang”, yaitu Allah dan ada yang di tantang, yaitu bahasa Arab dan ada alat penantang yaitu Al Qur’an.

Artikel diatas merupakan sebagian dari pentafsiran beberapa orang tentang Al Qur’an, ingin lebih tau dan kelanjutan dari pentafsiran tersebut, silahkan lihat infonya di Artikel ke 3.

1 komentar:

  1. Titanium vs ceramic flat iron | Vitanium Art
    I'm thinking of trying a titanium mens ring different 출장샵 way for the schick quattro titanium copper in my body. black titanium rings My advice: Use the steel. ford focus titanium hatchback

    BalasHapus